Selasa, 11 Oktober 2011

Tulisan Kecil untuk FPGA


Diawali dengan Bismillah , walau ini agak sedikit kaget karena tadi siang Ibu Dosen yg unik tapi tegas, itu memberikan sebuah ultimatum yang intinya semua catatan diminta ditaruh di Blog masing-masing dan paling lambat di post esok tengah malam di tanggal 12 Oktober (sesuatu bangeeet yahh *shock*) , dan malam ini saya buat sebisa mungkiiiiiinnnn , karena esok pagii saya sudah ada janji dengan kerabat saya untuk menemaninya membeli Laptop *nangisdipojokkan* (curahan ga pentingg)….. baiklah , catatan dimulai!!!!!!!!!

Apa sih FPGA itu????saya pun agak tercengang dan masih penasaran dengan kata “FPGA”, walau saya sudah berada di tingkat 3 , jurusan Sistem Komputer, tetapi rasa penasaran saya sudah sedikit terbayarkan dengan Dosen yg cara mengajarnya santai, cukup unik tetapi tetap pada tempo yg serius dan jelas.hmmm.. saya akan meReview kembali apa yang sudah dibahas olehnya, dan saya akan membahas dalam bentuk tulisan di Blog yg apa adanya keberadaan saya……. --- with love bu … huwehehehehehe

 Begini ceritanya….Pada 2 minggu yang lalu, kira-kira tanggal 27 September , saya mempunyai catatan kecil dan tahu dari sumber yaitu ibu Dosen … beliau menjelaskan arti dari FPGA , (mulai berbagi) ……. arti sebenarnya adalah….. Rangkaian digital yang dapat diprogram dan merupakan gerbang logika yang memiliki interkoneksi sehingga dapat dikonfigurasi antara yang satu dengan yang lainnya . Masih bingung sedikit dengan penjelasannya, (singkat cerita)….. di hari ini Ibu Dosen bilang Kalau kita harus paham betul apa FPGA itu!!!! Dan beliau menjelaskan kalau FPGA merupakan suatu Prototyping!!! Kemudian ia jelaskan lagi , Apa itu Prototyping???? (saya pun bingung) , karena ia baik hati , ia menjelaskan kalau Prototyping merupakan suatu PERMODELAN!!! (okee, saya mulai tidak bingung) , kemudian ia menjelaskan lagi kalau FPGA itu memiliki Simulasi ,FPGA juga bisa disebut Processor (Embaded Mikrocontroller) , dan 1 lagi.. FPGA itu bisa juga disebut Mesin Komputasi. (okeee,saya mulai agak sedikit paham) *eyesroll*

Flashback….. ke catatan tanggal 27 September (Lagi),,,,,

Kemudian Ibu Dosen kasih tau lagi kalo singkatan dari FPGA yaitu FIELD PROGRAMMABLE GATE ARRAY….

(Sebelum FPGA lahir dan terbit)… Ibu Dosen menjelaskan sedikit sejarah dari FPGA…..
FPGA berawal dari transistor, lebih penguat / switching , Sifat dari semikonduktor terinspirasi dari IC (Otak dari elektronik)…. Nah!!! Setelah itu munculah sebuah perusahan bernama “Xilinc” , kemudian “Altera” , kemudian “Quicklogic” .. kemudian masih banyak lagi..

FPGA juga mempunyai sifat yang tidak kalah menarik dengan yang lainnya… tahukah kamu??
Kalau FPGA itu memiliki program yang dapat disusun berulang-ulang kali , maksudnya program-nya itu bisa diconfigurable, kemudian FPGA juga dapat di download berulang-ulang tanpa batas oleh programnya itu sendiri, Dia juga memiliki sifat Volatile (yang begantung dengan catu daya), tetapi teknologi FPGA yang terbaru itu sudah memiliki SRAM, Kemudian semua rangkaian yang terdapat didalamnya itu sudah terimplementasi di dalam Chip.

Apakah FPGA juga mempunyai bentuk yang unik??? (yaaaa, berikut penuturannya) :
·         CLB (Configure Logic Block)
Dia dapat memproses segala bentuk rangkaian logika yang dibuat oleh user (SPLD).
CLB juga mempunyai Isi , yaitu LUT<look up table>, D FLIP FLOP <Data Flip Flop>, dan Multiplexer 2 to 1 <2 buah input, menghasilkan 1 output> .
·         I/O Block
Penuturannya yaitu Interface antara external pin device dan internal user logic.
·         Programmable Inteconnect
Maksudnya , yang menghubungkan antara CLB yang satu dengan yang lainnya, fungsinya sama dengan Saklar.

Ohhh iyaa, disini mau menjelaskan apa itu LUT , D FLIP FLOP, dan Multiplexer 2 to 1, berikut ini penuturan yg cukup singkat……….
LUT itu sejenis RAM yang berkapasitas kecil yang berperan untuk implementasi fungsi-fungsi logic. Berciri 4 buah inputan,,,
D FLIP FLOP itu merupakan Bistable Multivibrator, yaitu suatu rangkaian cell biner yang mempunyai 2 buah output yang saling berkebalikan keadaannya,
Multiplexer 2 to 1 adalah sebuah piranti digital yang bekerja sebagai saklar yang menghubungkan data dari dan masukkan ke sebuah saluran.


Lalu , FPGA itu diterapkan di Aplikasi yg bagaimana?? (ini penjelasan aplikasinya) :
·         ASIC & Custom Sillicon (katanya ini yg berada di Traffo)
·         DSP (Digital Signal Processing)
·         Embaded Mikrocontroller (Tugas khusus untuk Saklar)
·         Phisical layer communication(Kalau ga salah dengar tadi itu maksudnya yg menjembatani Phisical layer atas dengan yang lainnya J)
·         Recondfigurable Computing : Akselerasi Hardware, Simulasi Hardware

Singkat cerita dan catatan diatas yg agak serius , lanjut ke hari ini yaitu pada tanggal 11 Oktober…..

Kemudian, kekurangan FPGA itu apa???
Saya akan menjawab FPGA belum dapat menggantikan processor saat ini.

Tahukah kamu Perusahaan-perusahaan FPGA??(saya akan jelaskan) :
Xillinc, Altera, Cypress, Actel, Plessey, Quick logic, Lattice.

Jenis ukuran RAM yang terdapat di FPGA,???
berupa , 16x4 bit , 32x4 bit, 64x2 bit, 128x1 bit.

Hmmm, apa saja Proses Implementasi FPGA???? (akan saya jelaskan dibawah ini) :
·         CAD , Computer Aidid Design , maksudnya sebuah perancangan yang dibantu oleh Komputer.
·         Kemudian dilakukan Design Entry.
·         Logic Optimization, Memodifikasi ekspresi Boolean untuk mengoptimalkan penggunaan logic.
·         Teknologi Mapping , maksudnya untuk mentransformasikan ekspresi Boolean ke dalam bentuk sirkuit pada FPGA logic block.
·         Placement , yaitu penempatan algoritma yang digunakan ke masing-masing Block.
·         Routing software, mengatur wire segment dan menentukan programmable switch untuk menghubungkan antar block.
·         Programming unit , untuk mengkonfigurasi chip setelah placement dan routing selesai.


Bahasa pemrograman yang digunakan???
Ada ABEL, CUPL, JEDEC, PHDL, PERILOCK, dll.


*ALUR PERANCANGAN dari FPGA*



Sekian review dari saya, mungkin hanya ini tulisan yang saya bisa olah dari catatan kecil saya yg bernarasumber dari Ibu Dosen :))))))))
23:24 Waktu Indonesia Bagian Tengah Malam *yawn
Dan diakhiri dengan Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar