Sabtu, 31 Maret 2012

EARTH HOUR 2012, Matikan lampu satu jam saja!

Sejak tanggal 28 Maret 2012 sudah terdengar demo untuk 'EARTH HOUR'. Mungkin jika ada segelintir orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan EARTH HOUR, saya akan menjelaskan sedikit artinya....
Earth Hour (bahasa Indonesia: Jam Bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu.[1] Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008.[2][3] Earth Hour 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat. (Dikutip dari Wikipedia)
Dan pada tahun 2012 ini akan diselenggarakan pada tanggal 31 Maret dari Pukul 20.30 sampai dengan 21.30. 

Earth Hour sebenarnya bukanlah tentang pengurangan energi selama 60 menit, namun sebagai aksi ekspresi bahwa hal kecil yang dapat dilakukan seluruh lapisan masyarakat, dari golongan suku, agama, ras, usia, dan jenis kelamin apapun dengan dilakukan dalam skala besar dapat memberi perubahan pada dunia. Ide memadamkan lampu di Earth Hour sebagai sebuah gerakan hemat energi yang salah satunya disumbang oleh penggunaan perangkat listrik sehari-hari di rumah kita.
Masyarakat dunia akan kembali memperingati Satu Jam untuk Bumi (Earth Hour). Khususnya di Indonesia, tahun 2012 adalah tahun keempat penyelenggaraan Earth Hour dengan tema “Ini Aksiku! Mana Aksimu?” 
Di kesempatan yang sangat jarang ini sudah banyak yang menyerukan aksi berita ini, supaya semua orang di dunia mau mendengarkan dan melakukan. setidaknya dalam 1 rumah ada 1 lampu yang mati selama 1 jam, yg saya tahu memang di malam hari orang-orang itu membutuhkan penerangan, tetapi apa salahnya jika kita melakukan ini untuk bumi kita.
Jadi, tunggu apa lagi? Lakukakan malam ini!!!
Fyi, Di Jakarta, WWF Indonesia sebagai organizer Earth Hour akan menggelar perayaan di Central Park Mal, Jakarta Barat. Terdapat sejumlah performance dan Bazaar. Yay!! can't wait for this night.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar