Jumat, 16 Maret 2012

Jangan hanya Wacana, tapi buktikan!

Di minggu kedua perkuliahan, tanda tanda kesibukan akan segera di mulai. Yap! 3 jadwal Praktikum kuliah sudah ada, semuanya ketar ketir membicarakan topik praktikum, resah dan gelisah untuk menghadapinya, harus membuat 2 alat proyek untuk dipresentasikan nanti, dan 1 analisis. baiklah, mari kita geser sebentar masalah praktikum ini..
Ada yg lebih mencolok ketimbang 3 praktikum ini, Yap! Penelitian Ilmiah.. 
Di semester 6 ini wajib seluruh mahasiswa membuat Penelitian Ilmiah (PI), teman-teman saya serentak kaget dan terkejut. Mau bagaimana lagi??? ini sudah keharusan yg akan kami kerjakan sebagai seorang mahasiswa...
H+1 setelah jadwal Dosen pembimbing dibagikan, semuanya masih ketar ketir, karena belom tau harus berbuat apa.
Setelah kedua Dosen pembimbing masuk ke ruangan, semuanya mempunyai banyak presepsi mengenai PI ini, banyak komentar dari teman-teman saya mengenai PI. Hari demi hari , yg terdengar hanya komentar komentar, entah positif atau negatif, intinya saya masih mendengarkan orang-orang yg berbicara. Setelah saya simak lebih lanjut, memang kebanyakan mahasiswa sudah menemukan judul, bahkan memamerkannya dengan gamblang... Sebuah judul sudah ada beberapa yg dipublikasikan, kemudian ada beberapa pilihan mereka mau membuat alat atau menganalisis sesuatu.
Saya pun mulai galau dan labil, harus berfikir keras melakukan sesuatu, supaya tidak berhenti di satu titik.
Dan ketika saya mendapatkan titik jernih pemikiran, harus segera saya laksanakan untuk PI ini, supaya bisa matang hasilnya.
Saya harus menyukai apa pilihan saya untuk PI, supaya tidak menemukan titik jenuh pada pengerjaan proses berlangsungnya PI.
Cuma mengamati teman-teman saya yg sudah mempunyai judul. Dan saya masih suka heran sama teman-teman yg dengan lantangnya menyebutkan judul PI tapi dia tidak mengetahui apa yg harus dia kerjakan. Yampuuun, semoga itu tidak terjadi pada diri saya, mereka yg seperti itu akan saya jadikan patokan cermin untuk motivasi supaya saya harus membuktikan bahwa saya bisa dan mampu, jika bersungguh-sungguh. Tanpa harus banyak wacana! Sudah saatnya memikirkan diri saya sendiri untuk meraih gelar sarjana. :)
Man Jadda Wa Jadda.. Bismillah, semoga pengerjaan PI saya lancar.. Amiiiiinnn amiiinnn ya rabbal ' alamin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar